Apa itu NFC | All About

Apa itu NFC

Apa itu NFC, 

NFC merupakan teknologi dalam transfer data tanpa kabel (wireless) dengan kecepatan yang tidak begitu tinggi, maksimum 424 kbps dengan jarak antar perangkat tidak lebih dari 20 cm, dalam melakukan transfer data NFC menggunakan teknologi berbasis RFID (Radio Frequency Identification) yang menggunakan induksi medan magnet untuk melakukan komunikasi antar perangkat. Komunikasi NFC tergolong aman, karena akan sulit untuk melakukan hack dari jarak dekat.


Untuk Apa NFC,
Hadirnya NFC semakin mempermudah kita dalam bertransaksi dan bertukar data. dengan mendekatkan kedua perangkat pertukaran data pun dilakukan. Karena tingkat keamanannya yang tinggi dan berdaya rendah, NFC cocok untuk digunakan untuk keperluan berikut

NFC Pengganti Kartu Kredit/Debit.
Transaksi belanja tidak perlu repot dengan kartu debit atau kartu kredit, dengan membawa smartphone yang mendukung NFC transaksi bisa dilakukan. caranya dengan mendekatkan smartphone dengan perangkat penerima NFC.

Tiket masuk jalan tol
Indonesia sudah menerapkan teknologi ini pada sistem pembayaran jalan tol yang berupa tiket. tiket ini dinamakan E Toll Card  yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri sebagai pengganti uang cash saat bertransaksi pembayaran di gerbang tol.

Kunci Elektronik
Pada awal berkembangnya teknologi NFC adalah hotel Clarion Stocholm memanfaatkan teknologi ini untuk mengganti seluruh kunci konvensional kamar hotelnya. dan kini telah banyak hotel di Indonesia yang turut menggunakannya.

Masih banyak penggunaan lainnya dari NFC seperti kartu parkir, pengganti tiket kereta, kartu member pelanggan dan lain sebagainya.


Apa itu NFC Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown